Tuesday 3 December 2013

Apakah Benar Zombie itu ada?



Rick, setelah terbangun dari masa komanya di sebuah rumah sakit akibat tembakan, langsung panik, ketika melihat situasi di rumah sakit sangat kacau dan mayat-mayat tergeletak kaku sana sini dan rupa tak menentu. Ia pun mencoba keluar dari Ruma sakit itu walaupun tubuh masih lemah, dan tampak sesuatu  yang lebih ngeri, kota penuh dengan mayat berjalan mencari mangsa yang bisa dimakan dan kota menjadi kota mati. Rick pun bergegas pulang ke rumah mencari keluarganya, tapi ketika sampai di rumahnya, tidak ada yang tersisa, Perasaan sedih, frustasi bercampur aduk dalam dirinya seakan mau mati rasanya. Tapi, ada secerca harapan untuk berusaha mecari keberadaan istri dan anaknya, membawa dia bertemu dengan teman-teman baru yang mau saling menolong dan berbagi. 
Itu merupakan sepenggal cerita dari sebuah film serial horror “The Walking Dead” pasti sudah nonton bukan? Dalam film ini menceritakan tentang dunia yang telah terjangkit virus yang sangat menakutkan, yang mengubah manusia menjadi pemakan manusia, itulah dia “Zombie” sosok makhluk yang menakutkan, seram, tapi banyak ditonton orang, baik dari orang dewasa sampai ke anak-anak, bahkan dalam sebuah acara TV, menyiarkan sepasang kekasih menikah ala “Zombie” sampai para tamu undangan pun disuruh berdandang  seperti zombie.  Tahu nda apa arti dari “zombie” itu dan apakah zombie itu benar-benar ada?
Kalau Anda punya kamus bahasa Inggris karangan John M. Enchols dan Hassan Shadly Cetakan 1986, maka Anda akan temukan arti dari “Zombie” adalah ‘orang bodoh dan bebal’. Mungkin kalau saat ini pasti pengertiannya  sudah berbeda dan pasti kita sudah tahu, artinya adalah mayat berjalan, pemakan daging manusia atau memiliki sifat kanibal, atau monster dan sejenisnya. Mungkinkah kita berpikir  mereka ada atau hanya karangan fiksi? Tentu saja makhluk sejenis ini memang belum ada, kalau kanibal  sich ada.  Tapi dalam Alkitab, tepatnya Wahyu  9:6 sempat disinggung begini: “Dan pada masa itu orang-orang akan mencari maut, tetapi mereka tidak akan menemukannya, dan mereka akan ingin mati, tetapi maut lari dari mereka.”(LAI). Mungkin suatu saat nanti bisa ada zombie kalau mengacu pada nubuatan wahyu ini, di mana orang tidak bisa mati walaupun ingin mati, karena hidup pun menderita.
Jadi kebayang nggak ada yang dipotong kepalanya tapi nda bisa mati, wow bisa-bisa ketemu di jalan tanpa kepala, tanpa tangan mungkin, atau ada yang tubuhnya hancur karena menabrakkan diri di mobil dan  tidak mati, tapi masih hidup, ya bisa jadi karena maut sudah diangkat. Mungkinkah akan benar-benar terjadi akan muncul zombie yang disebabkan karena virus? Memang sich Alkitab tidak menuliskan secara  eksplisit apakah itu tentang zombie, tapi bisa jadi.
Tapi isu-isu yang menyebar tentang zombie ini apakah nyata atau fiktif kita belum tahu, atau apakah ini akan tejadi nanti, belum pasti. Akan tetapi saya ingin mengacu dari arti dari zombie yaitu “orang bodoh dan bebal”. So kalau kita mengacu pada pengertian atau istilah ini, berarti kita bisa menemukan bahwa “zombie” ini ada dan berada di sekitar kita. Nah kalau soal ini, kitab Amsal banyak menyinggung dan memberikan pelajaran tentang orang bodoh dan bebal. Kita mulai dari amsal Amsal  5:23: “Ia mati, karena tidak menerima didikan dan karena kebodohannya yang besar ia tersesat.”
Amsal  7:22:  Maka tiba-tiba orang muda itu mengikuti dia seperti lembu yang dibawa ke pejagalan, dan seperti orang bodoh yang terbelenggu untuk dihukum,”
Amsal  10:8: “Siapa bijak hati, memperhatikan perintah-perintah, tetapi siapa bodoh bicaranya, akan jatuh.”
Amsal  10:14: “Orang bijak menyimpan pengetahuan, tetapi mulut orang bodoh adalah kebinasaan yang mengancam.”
Amsal 12:15 Jalan orang bodoh lurus dalam anggapannya sendiri, tetapi siapa mendengarkan nasihat, ia bijak.
Amsal  12:23 Orang yang bijak menyembunyikan pengetahuannya, tetapi hati orang bebal menyeru-nyerukan kebodohan.
Amsal 13:16 Orang cerdik bertindak dengan pengetahuan, tetapi orang bebal membeberkan kebodohan.
Amsal 14:8 Mengerti jalannya sendiri adalah hikmat orang cerdik, tetapi orang bebal ditipu oleh kebodohannya.
Amsal  14:17 Siapa lekas naik darah, berlaku bodoh, tetapi orang yang bijaksana, bersabar.
Amsal  15:5 Orang bodoh menolak didikan ayahnya, tetapi siapa mengindahkan teguran adalah bijak.
Amsal  15:14 Hati orang berpengertian mencari pengetahuan, tetapi mulut orang bebal sibuk dengan kebodohan.
Amsal 16:22 Akal budi adalah sumber kehidupan bagi yang mempunyainya, tetapi siksaan bagi orang bodoh ialah kebodohannya.
Amsal 22:15 Kebodohan melekat pada hati orang muda, tetapi tongkat didikan akan mengusir itu dari padanya.
Amsal 26:11 Seperti anjing kembali ke muntahnya, demikianlah orang bebal yang mengulangi kebodohannya.
Wow banyak sekali pengajaran tentang orang bodoh dan bebal, apa lagi kalau kita baca kitab  Amsal  seluruhnya, pasti kita akan bertemu banyak sekali tentang “zombie” ini.
Jadi sobat, kalau kata kitab Amsal, berarti tidak dipungkiri lagi kalau “zombie” itu benar-benar ada di sekitar kita, di rumah, di sekolah, kampus, di kantor, dan bahkan di gereja, atau mungkin diri kita. Oleh karena itu, kalau tidak mau disamakan dengan zombie, maka jadilah orang yang berhikmat, yang dengar didikan Tuhan, yang mau takut akan Tuhan (Amsal 1:7). 








No comments:

Post a Comment