Tuesday 3 December 2013

Musik Rock Dalam Gereja

Musik Rock, masih menjadi wacan yang menarik untuk diperbincangkan oleh semua kalangan pecinta musik, khusus gereja-gereja yang masih menganggap Musik Rock sebagai musik dari Setan. Inilah yang menjadi permasalahan dari generasi ke generasi yang pada hakikatnya tidak mau terjadi perubahan dalam gereja, yang merasa sudah nyaman dengan rutinitas atau liturgi yang telah ada sejak dari zaman batu mungkin, sehingga ketik ada sesuatu yang baru, semuanya seperti pada kena stroke, dan gagap gempita. akibatnya, mala kritik sana-kritik sini, lmencari-cari kesalahan yang nggak penting. Ini membuat generasi demi generasi semakin terbagi-bagi, karena ada yang setuju ada yang tidak setuju. So emangnya apa beda lagu rohani dengan yang sekuler? apa beda musik gereja dengan musik setan? Apakah Rock, heavy selalu identik dengan penyembahan berhala dan yang slow tidak?  Sebelum kita simak lebih lanjut, terlebih dahulu kita definisikan apa itu musik.

Asal Usul
Musik berasal dari istilah latin yaitu muse yang berarti roh. Itulah sebabnya, kalau kita mendengarkan lagu pasti kita akan terhanyut di dalamnya, kenapa musik itu mempengaruhi roh kita, kenapa? karena musik itu adalah roh. Makanya, kalau kita dengar lagu sedih pasti bawaan kita sedih, galau dan melow, tapi kalau dengar lagu Rock, pasti bawaannya keras, enerjik, semangat, dan negatif lebih ke pembuat onar, kenapa, karena musik itu adalah roh dan tentu lebih mempengaruhi roh kita, kalau roh kita sudah dipengaruhi, maka jiwa dan akal sehat kita akan cenderung untuk mengikutinya.

Perbedaan anatar musik Rohani dan sekuler, hanya pada liriknya, kalau rohani lebih pada hal yang positif , karena memberi semangat (spirit) pada roh dan jiwa kita, sedangkan sekuler bersifat umum  positif, bisa negatif. Sedangkan perbedaan anatar musik Rohani Dan Musik Setan adalah dilirik dan spirit yang dibawah oleh penciptanya. itu tidak peduli musik keras atau slow. Artinya penyembahan kepada setan bisa dalam nada keras atau rock atau dalam nada slow atau pelan. Begitu juga dalam Musik Rohani, bisa dalam nada slow, maupun nada rock tergantung penulis atau inspirasinya. terus kira-kira lagu nasional lagu rohani atau sekuler? Selam itu untuk membangun semangat, dapat dikategorikan lagu rohani.
so nggak usah pusing dengan jenis musik apa yang boleh atau tidak, taoi kita sebagai generasi terang, tunjukkanlah apa talentamu, dan jika engka u berada dalam sebuah gereja yang tidak mendukung pasion kamu, berdoalah kalau itu yang memang Tuhan kehendaki, jangan hanya karena kita ikut-ikutan. pasti suatu saat, mereka akan setuju dengan kita, dan dengan musik yang kita bawakan, selama itu untuk kemuliaan Tuhan. God Bless You 

1 comment: